Kamis, 05 Mei 2011

20 Jari Diantara Jogja-Pemalang: Sebuah Catatan Perjalanan

Perkenalkan nama saya Fuad Setiawan Khabibi, seorang mahasiswa semester akhir di UGM. Hampir 12 tahun saya menuntut ilmu di Yogyakarta. Setelah tamat SD di Pemalang, Jawa Tengah, saya melanjutkan studi ke Yogyakarta hingga sekarang. 12 tahun menuntut ilmu di Jogja membuat saya sering “pulang pergi” mudik ke Pemalang. Karena kebetulan orang tua masih berdomisili di Pemalang. 
 
Pada awalnya, Pemalang terasa sangatlah jauh. Dengan menggunakan travel,  Jogja-Pemalang ditempuh dalam waktu 5-6 jam. “jauh sekali ya..hehehe”, pikir saya pada waktu itu. Namun seiring berjalannya waktu, Jogja-Pemalang terasa sangat dekat. Sebenarnya berapa sih jarak Jogja dengan Pemalang?.
 
Nah.. Jarak Jogja dengan Pemalang sebenarnya relatif, tergantung rute jalan yang teman-teman lewati. Namun, ada sebuah rute jalan terdekat yang menghubungkan Jogja dengan pemalang, yaitu rute melewati  Kota Temanggung, Kota Sukorejo dan Weleri. “Melewati perbukitan yang sangat memanjakan mata.hehehe”. Setelah semester akhir di UGM dan sekian lama sering pulang-pergi Jogja-Pemalang.



Akhirnya terbesit ide untuk mengadakan riset kecil-kecilan untuk mengukur jarak diantara kedua kota tersebut. “hehehe mumpung lagi SKRIPSI dan itung-itung belajar penelitian..”. Dengan modal motor New Tiger Revo Cruiser 200 cc, akhirnya saya mencoba melakukan riset pengukuran jarak Jogja-Pemalang.
 
Riset ini dilakukan dengan menggunakan odometer yang terdapat pada sepeda motor New Tiger Revo tahun 2007. “Sepeda motor yang selama ini menemani mudik dalam perjalanan jogja-pemalang.hehehe”. Odometer tersebut cukup akurat. Walaupun tidak sepenuhnya tepat, namun hasil pengukuran ini dapat dijadikan sebagai dasar bagi teman-teman untuk melakukan riset pengukuran selanjutnya.
 
Awalnya saya berhipothesis bahwa jarak Jogja-Pemalang adalah 190 hingga 200 km an. “Agak terasa jauh ya?”. Hmm.. tidak juga kawan, 200 km termasuk kedalam touring jarak menengah yang dapat ditempuh kurang dari setengah hari. Maka untuk mengubah “mindset” bahwa Jogja-Pemalang itu sangat jauh, maka saya gunakan analogi bahwa jarak Jogja-Pemalang adalah 20 jari kita.hehehe. 10 dari jari tangan dan 10 dari jari kaki.
 
“Kenapa 20 jari?. Ada apa dengan 20 jari?”.  Jari tangan dan jari kaki kita yang berjumlah 20. Dan jarak Jogja-Pemalang adalah 200km. Jika kita gunakan korespondensi satu-satu, maka 1 jari kita akan mewakili jarak 10 km. Dengan menggunakan analogi 20 jari, maka jarak Jogja-Pemalang akan terasa dekat.hehehe

Riset ini dimulai dari Pasar Cebongan, Sleman. Dengan kecepatan rata-rata 50-80km/jam, jam 08.00 WIB saya berangkat dan mulai mencatat kilometer. “Oh iya.. range atau jarak pengukuran yang saya gunakan adalah pengukuran setiap 10 km sekali”. Dengan kata lain, setiap 10 km saya harus berhenti untuk mencatat jarak dan lokasi saya berhenti. Berikut data hasil riset (data deskriptif) jarak antara jogja dengan pemalang melalui jalur Jogja-Magelang-Temanggung-Sukorejo-Weleri- Batang- Pekalongan-Pemalang.



Berikut adalah rute perjalanan Jogja-Pemalang yang saya lalui. Tanda (+) yang berwarna orange menunjukan lokasi tempuh, jarak antara tanda (+) dengan tanda (+) lainnya berkisar 10 km. Tanda (+) pertama dimulai dari Pasar Cebongan Sleman, Yogyakarta dan tanda (+) diakhiri di Pertigaan Beji, Pemalang, Jawa Tengah. 



5 komentar:

  1. pertamaxxxx!!! hehehe.... lam kenal mas. aku jg wong pemalang..... seneng, bs ktemu temen sebangsa n setanah air....
    btw, ajibbbb...... kreatif bgt mas ngukur2nya n gambarnya... hehee....

    BalasHapus
  2. aku pengeen bgt ke pemalang...setelah buka blog mas akhr'y ngertii dh jalur2...makasih bgt mas..ni info penting buat saya,,:)

    BalasHapus
  3. gek browsing tiba2 nemu blogmu ad hehe, numpang mampir ya hehe

    BalasHapus
  4. kalo naik kereta berapa jam yah? kira2 dr stasiun pekalongan?hehe

    BalasHapus
  5. kalo naik kereta dr stasiun pekalongan brapa jam yah?hehe

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentarny kawan, terimakasih...